Topic Of The Week

What's Your Opinion About Musics in Indonesia at present?

Please Give Your own Opinion In the Chat Box Bellow...
Thank You!

.....====Let Us Discuss The Topic Here :D...====.....

Thursday, December 10, 2009

Pendidikan Meningkatkan Kesejahteraan Bangsa


Kesejahteraan suatu bangsa tergantung pada kesejahteraan dan ketentraman yang dirasakan oleh rakyat dari bangsa tersebut. Hal tersebut juga didukung akan pengetahuan yang dimiliki oleh setiap rakyat, keterampilan dan kemampuan mereka untuk mensejahterakan kehidupan mereka masing - masing, untuk memenuhi kebutuhan mereka masing -masing. Pendidikan merupakan faktor yang paling utama demi terciptanya kesejahteraan dalam suatu bangsa, karena jika setiap warga negara mendapatkan pendidikan sampai taraf dimana mereka akhirnya dapat memenuhi kebutuhan dalam kehidupan mereka.Semakin tahun dapat dirasakan oleh masyarakat bahwa pendidikan di Indonesia semakin tahun menjadi sulit lagi dijangkau oleh setiap masyarakat sehingga membuat diri mereka enggan untuk mendapatkan pendidikan, atau bahkan ada yang ingin namun tak mampu.


Pendidikan merupakan sesuatu yang sifatnya sangat vital karena setiap warga negarapun berhak mendapatkan pendidikan didalam hidupnya, hal ini merupakan tujuan bangsa kita yang tertulis dalam undang-undang yaitu untuk mencerdaskan bangsa ini. Jika setiap warga negara mendapatkan pendidikan yang baik maka kemiskinan yang dapat kita lihat disekitar kita. Menurut perhitungan Badan Pusat Statistik tahun 2008 setiap 100 penduduk Indonesia terdapat 15 orang miskin atau secara total ada 35.000.000 penduduk miskin. Perlahan memang pada tahun 2009 terjadi penurunan angka kemiskinan di Indonesia, namun tetap saja ada kemungkinan bertambahnya lagi angka kemiskinan di negeri ini. Berbagai macam usaha pun dilakukan oleh pemerintah terutama di bidang pendidikan, dengan adanya bantuan operasional sekolah yang diberikan kebeberapa sekolah. Kemudian tahun berikutnya pemerintah menjalankan program 9 tahun wajib belajar dimana siswa bisa mendapatkan pendidikan secara gratis selama 9 tahun. Mungkin akan ada tahap berikutnya setelah itu, namun sayangnya program yang telah dijalankan itu tidak merata diseluruh kepualauan nusantara ini. Masih banyak sekali sekolah yang terletak di daerah pelosok dan mereka tidak mendapatkan perhatian
yang sama seperti sekolah yang lain. Beberapa sekolah tersebut masih menggunakan fasilitas yang sangat minim, sehingga pada akhirnya banyak siswa yang tidak ingin melanjutkan sekolahnya lagi.Bagaimana negeri ini akan menjadi sejahtera jika taraf pendidikan di Indonesia masih sangat minim dan sulit di jangkau oleh rakyat yang hidup sangat sederhana.

Mungkin tidak hanya faktor minimnya fasilitas atau kurangnya perhatian, faktor dukungan dari orang tua juga dibutuhkan bagi seorang anak untuk dapat mendapatkan pendidikan yang baik. Di Indonesia terdapat sekitar 30.000 anak yang tidak bersekolah dan mereka rata -rata telah dipaksa untuk mencari nafkah dengan berbagai cara. Terdapat beberapa orang tua yang mungkin mereka hidup dengan kondisi yang sangat minim sehingga mereka tidak menyarankan anak - anaknya untuk bersekolah atau bahkan ada orang tua yang melarang anak - anaknya untuk ikut bersekolah seperti anak yang lainnya. Biasanya para orang tua ini lebih menyarankan anak-anaknya untuk mencari uang dimana seharusnya mereka belajar dan mendapatkan pendidikan yang setara dengan mereka, banyak terdapat pengemis, pengamen dan sampai ada pekerja rumah tangga anak - anak yang sebenarnya belum waktunya bagi mereka untuk bekerja mencari nafkah. untuk mengatasi hal ini, akan lebih baiknya jika dibentuk sebuah gerakan yang akan mensosialisasikan peran pendidikan bagi anak - anak negeri ini sehingga nantinya para orang tua yang melarang anak mereka untuk bersekolah akan setuju bahwa pendidikan itu penting bagi mereka.

Pemerintah dan Masyarakat Indonesia harus bersatu, bersama - sama membangun negeri ini dengan meningkatkan mutu pendidikan dan meratakan pendidikan terutama di daerah - daerah terpencil yang ada di negeri ini agar setiap anak dapat bersekolah dan menjadi generasi penerus bangsa yang penuh akan ilmu pengetahuan demi mensejahterakan bangsa Indonesia. Karena Kemiskinan berawal dari kebodohan, makadari itu untuk mencerdaskan bangsa ini harus ditekankan terutama dalam bidang pendidikan agar semua masyarakat Indonesia bisa mendapatkan pendidikan yang merupakan hak mereka. Ayo Sekolah, Ayo bersama tingkatkan akan pentingnya pendidikan bagi bangsa ini karena tidak akan ada lagi orang yang akan meneruskan bangsa ini kecuali anak bangsa yang penuh akan cita - cita dan bakat yang terpendam dalam diri mereka.

0 comments: