Topic Of The Week

What's Your Opinion About Musics in Indonesia at present?

Please Give Your own Opinion In the Chat Box Bellow...
Thank You!

.....====Let Us Discuss The Topic Here :D...====.....

Wednesday, May 18, 2011

Menganalisa Suatu Web itu Merupakan Hal yang Penting




Seperti kita ketahui bahwa dunia IT semakin hari semakin berkembang dengan pesat, terutama dalam hal dunia web dimana sekarang ini telah banyak web yang tersebar di internet secara bebas. Suatu web pastinya di bentuk dengan tujuan tertentu yang didasari oleh gagasan yang dimiliki oleh pemilik web tersebut. Sebagaimana kita ketahui bahwa internet adalah dunia yang bebas dan web berada di dalamnya sehingga tentu saja pasti ada sisi positif dan negatif yang terkandung dalam sebuah situs atau web, sementara mungkin sulit untuk memilah atau menyaring mana web yang baik dan mana web yang tidak baik karena proses pembuatan web pun bisa dilakukan oleh siapa saja dengan keinginan masing – masing. Akan tetapi sebenarnya ada cara untuk mengetahui apakah situs tersebut memberikan efek yang baik atau efek yang buruk.

Secara umum, analisis web adalah pengukuran, pengumpulan, analisis dan pelaporan data internet untuk tujuan memahami dan mengoptimalkan penggunaan web dan analisa web sebenarnya bukan hanya alat untuk mengukur lalu lintas situs tetapi dapat digunakan sebagai alat untuk penelitian bisnis dan riset pasar yang biasa disebut web analytics. Ada beberapa metodologi yang bisa kita terapkan untuk menilai kualitas dari sebuah web dimana pada akhirnya kita dapat menyimpulkan baik atau buruk web tersebut untuk para pengguna internet sehingga nantinya mereka yang berselancar di dunia internet tidak akan terkontaminasi oleh web yang bernilai buruk.
Ada beberapa fase yang biasa digunakan sebagai metode analisa web yaitu:
a. Loading halaman cepat, sehingga pengguna tidak akan mengahabiskan waktunya hanya untuk mencapai tampilan awal dari sebuah situs. Biasanya hal ini tergantung pada isi dari web tersebut dimana kebanyakan web yang berjalan lambat dikarenakan terlalu banyaknya script yang di tempatkan apalagi terkadang script yang memberatkan tidak terlalu berperan penting dalam web tersebut.
b. Warna latar belakang tidak bertabrakan dengan warna teks sehingga pengunjung web tidak akan merasa pusing atau sulit untuk melihat mana tampilan utama dan mana warna backgroundnya sebab keselarasan warna background dan tampilan utama harus diutamakan.
c. Disamping itu kita juga harus memperhatikan ukuran dan warna font dimana ukuran font tidak boleh terlalu kecil karena akan mempersulit pengunjung web untuk membacanya dan warna font juga harus jelas dan tidak boleh selaras dengan warna dasar web.
d. Tombol dan bar navigasi mudah dipahami penggunaannya, hal ini sangat penting karena akan sia – sia saja apabila tools atau fitur yang berada dalam web tidak bisa digunakan oleh pengunjung karena tidak mengerti kegunaannya.
e. setidaknya paling sedikit menggunakan gambar dan beri keterangan pada gambar tersebut dengan tujuan juga agar pengunjung menikmati kunjungan mereka ke dalam suatu web.

Makadari itu, metodologi diatas sangat penting bagi kita untuk mengetahui manfaat dan kualitas dari sebuah web karena dengan ini kita bisa benar - benar memanfaatkan fungsi dan kegunaan dari internet. Web yang memiliki kualitas yang bagus baik dari penampilan maupun isi pasti akan memberikan banyak ilmu dan pengetahuan baru bagi kita semua selain itu kita akan lebih merasa nyaman untuk berselancar di internet.

0 comments: