Topic Of The Week

What's Your Opinion About Musics in Indonesia at present?

Please Give Your own Opinion In the Chat Box Bellow...
Thank You!

.....====Let Us Discuss The Topic Here :D...====.....

Sunday, March 7, 2010

Facebook dan Dunia Nyata

Di era globalisasi seperti sekarang ini, berbagai macam kemajuan tekhnologi dan informasi sudah dapat dimanfaatkan kegunaannya oleh masyarakat banyak. Sekarang ini banyak orang yang lebih menghabiskan waktunya dengan berbagai macam tekhnologi. Internet salah satunya merupakan dunia tanpa batas yang dapat diakses orang dimanapun dan kapanpun dan sekarang ini hamper seluruh umat manusia di bumi ini sangat bergantung pada internet karena sifat dan kegunaannya yang sangat luas. Kita dapat mendapatkan berbagai macam informasi, atau mungkin saling bertukar informasi dengan pengguna internet lainnya, berarti dengan adanya internet juga mempermudah manusia untuk melakukan komunikasi jarak jauh dengan praktis dan lebih hemat. Akan tetapi bagaimanapun juga internet memiliki berbagai macam kekurangan di dalamnya, bias di artikan bahwa internet ini bagaikan sebilah pisau yang sangat tajam, yang dapat digunakan untuk hal kebaikan ataupun kejahatan. Segalanya dapat terjadi di dunia maya yang tanpa batas ini.

Di dalam dunia maya berbagai macam orang dari manapun salaing berkomunikasi dan bertukar pikiran dengan yang lainnya maka secara tidak langsung terjadi komuikasi dua arah atau bahkan lebih. Belakangan ini internet di Indonesia atau bahkan di seluruh dunia diguncangkan dengan facebook. Facebook yang merupakan forum dan sebuah wadah untuk berkomunikasi dimana di situs tersebut kita juga bias menambah relasi atau bahkan bertemu lagi dengan teman lama. Tujuan dari facebook sebenarnya baik dan dapat menguntungkan para penggunanya karena melalui facebook kita dapat membuka forum ataupun link koneksitas. Facebook bisa dikatakan merupakan sarana bersosialisasi yang bersifat individu artinya didalam forum ini orang berkomunikasi di dunia maya yang mana belum tentu setiap orang sudah kenal yang lain sebelumnya dan dimungkinkan ada yang memalsukan identitas mereka di dunia maya.

Kenyataannya sekarang ini banyak yang telah mengsalah gunakan fungsi dari facebook, mereka yang masih awam untuk berkelana dalam dunia maya menjadi lepas control dan bergerak sesuai keinginan mereka sendiri. Sebaiknya perlu adanya parental control agar bagi mereka yang memiliki anak yang masih remaja atau beranjak dewasa agar mereka mendapatkan bimbingan yang benar dari orang tua mereka masing – masing. Banyak lagi berbagai forum bebas yang berada dalam dunia maya, mereka yang menggunakannya seharusnya tau keuntungan dan kerugian dari setiap forum yang ada dalam dunia maya. Menurut pendapat saya adanya facebook tidak hanya berhubungan erat dengan dunia maya, namun juga dengan dunia nyata dimana kita akan menemukan relasi bagi kita dan membuat suatu link atau hubungan yang lebih luas lagi dengan berbagai macam orang. Facebook juga merupakan wadah diskusi yang baik karena bisa membangun diri setiap pengguna. Dunia maya memanglah seperti sebilah pisau yang tajam, dapat dimanfaatkan untuk hal baik, atau dipergunakan hal yang buruk atau bahkan kejahatan. Makadari itu hendaklah kita menelaah dan memahami dunia maya terlebih dahulu beserta berbagai macam forum yang ingin kita ikuti agar menjadi sebuah manfaat bagi diri kita masing – masing.

0 comments: